TOKO BUKU RAHMA

TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.

KONTAK

HP/WA 0856 0196 7147
email tokobukuantik@gmail.com

Mengingat kapasitas Blog terbatas dan saat ini blog sudah mulai penuh, maka untuk buku-buku baru silahkan lihat di web TB. RAHMA yang baru :
www.tokobukurahma.com

Sabtu, 02 Maret 2013

CHARACTER MATTERS (Persoalan Karakter)

Judul : CHARACTER MATTERS (Persoalan Karakter)
Pengarang : Thomas Lickona
Penerbit : Bumi Aksara
ISBN : 978-602-217-277-2
Edisi/ Cet : Cet 1
Tahun Terbit : 2012
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : xxviii + 376 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Berat : 550 Gram
Kondisi : Baru
Harga : Rp. 108.000 diskon 15%
Bayar : Rp.  91.800
Stock : 1




CHARACTER MATTERS (PERSONAL KARAKTER)

Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas dan kebijakan penting

Pengarang : Thomas Lickona 
(Penulis buku terlaris “Educating for Character”, Pemenang Christopher Award)

Penerbit Bumi Aksara

Daftar Isi


BAGMAN SATU
MENGAPA KARAKTER DIPERSOALKAN

Bab 1 Mengapa Karakter Dipersoalkan    
   Hal-Hal yang Batik           
   Isi Karakter Kami  
   Sepuluh Esensi Kebajikan--
   Dua Sisi Karakter  
   Bagaimana Kondisi Karakter Kita Saat Ini?         
   Kartu Laporan (Report Cord) Tahun 2002 tentang Etika Pemuda Amerika        
   Karakter di Saat Berhadapan dengan Godaan: Eksperimen Dompet Hilang       
   Apa yang Memotivasi Kejujuran? 
   Karakter Ketika Berhadapan dengan Kejahatan: Studi Tim Penyelamat 
   Apa Motivasi Penyelamat?           
   Akar Kepedulian   
   Karakter Sebagai Transformasi Moral Diri           
   Karakter Demokrasi Kita  
   Seks dan Karakter 
   Gerakan Nasional Pendidikan Karakter    

BAGIAN DUA

MENCIPTAKAN KELUARGA YANG BERKARAKTER

Bab 2. Membesarkan Anak-Anak yang Berkarakter       
   Jadikan Pengernbangan Karakter Sebagai Prioritas Utama.
   Jadilah Orang Tua yang Otoriter   
   Cinta Anak-Anak  
   Mengajar dengan Contoh  
   Mengelola Lingkungan Moral       
   Gunakan Pengajaran Langsung untuk Membentuk Hati Nurani dan Kebiasaan  
   Mengajarkan Keputusan yang Baik          
   Kedisiplinan Secara Bijaksana      
   Memecahkan Masalah dengan Adil          
       Memberikan Kesempatan untuk Mempraktikkan Kebajikan
   Mendorong Pengembangan Spiritual        

Bab 3. Membangun Kemitraan Sekolah-Rumah yang Kuat        
   Menegaskan Keluarga Sebagal Pendidik Karakter yang Paling Utama   
   Alengharapkan Orang Tua untuk Berpartisipasi   
   Memberikan Insentif Bagi Partisipasi Orang Tua 
   Menyediakan Program tentang Parenting dan Berusaha untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi         
   Mendapatkan Program Untuk Orang Tua 
   Menetapkan TR Keluarga 
   Bentuk Kelornpok Orang Tua Sebaya yang Saling Mendukung
   Melibatkan Orang Tua dalam Perencanaan Program Pendidikan Karakter          
   MembentUk Forum yang Sedang BerlangSUng untuk Orang Tua          
   Membentuk Komite Orang Tua Mengenai Pendidikan Karakter Membuat Perjanjian Moral dengan Orang Tua      
   Memperbarui Perjanjian    
   Memperluas Perjanjian Menjadi Kedisiplinan       
   Memperluas Perjanjian pada Olahraga dan Kegiatan Ekstrakurikuler Lainnya    
   Memperpanjang Perjanjian untuk Memerangi Dampak dari Media          
   Menjadi Responsif terhadap Keluhan Orang Tua 
   Menghormati Keutamaan Hak Orang Tua Seputar Pendidikan Seks       
   Meningkatkan Semua Arus Komunikasi Positif Antara Sekolah dan Rumah      
   Biarkan Orang Tua Mengetahui tentang Pekerjaan yang Diharapkan dan Selalu Kirimkan Laporan Regular
   menyediakan Pusat Bantuan Keluarga dan Sekolah Kornunitas

Bab 4. Berbicara dengan Anak tentang Seks, Cinta, dan Karakter
   Sek dan Hati Manusia       
   Lingkungan yang Teracuni Seks   
   Anda Harus Mernahami tentang Apa yang Dibutuhkan Anak¬-Anak Supaya Mereka Mampu Menghinclari Seks Dini           
   Menunjukkan Tren Positif
   Bantu Anak-Anak untuk Meniahami Mengapa Beberapa Remaja Terlibat dalam Sek    
   Berbicara tentang Apa yang Dianggap Sebagai "Seks"
   Ajarkan Anak-Anak tentang Cara Non Seksual untuk Menjadi Intim     
   Penawaran Sebuah Visi     
   Bicara tentang Bahaya Emosional dari Hubungan Seks Tanpa Ikatan     
   Diskusikan Hadiah dari Menunggu          
   Berbicaralah tentang Masalah yang Beret 
   Melaksanakan Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Seks di Sekolah         

BAGIAN TIGA

MENCIPTAKAN RUANG KELAS YANG BERKARAKTER

Bab 5. Membangun Ikatan dan Model Karakter  
   Mengajar Seperti Sebuah Persoalan Hubungan    
   Gunakan Kekuatan Jabat Tangan 
   Mengenal Mahasiswa Sebagai Individu   
   Gunakan Ikatan untuk Memperbaiki Perilaku      
   Gunakan Kekuatan Contoh          
   Gunakan Inventaris-Diri untuk Fokus Sebagai Panutan   
   Mengundang Pembicara yang Merupakan Panutan yang Positif
   Hasil Riset Menunjukkan  

Bab 6. Mengajarkan Akademik dan Karakter Secara Bersamaan         
   "Jika Kita Melakukan Pendidikan Karakter, Akankah Hal Tersebut Meningkatkan Pembelajaran Akademik?"
   Sebutkan Kebajikan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Siswa yang Baik 
   Ajarkan Pentingnya Tujuan           
   Ajarkan Pentingnya Keunggulan  
   Ajakan Pentingnya Integritas        
   Ajarkan Seakan Siswa Bisa Bertanggung Jawab etas Pembelajaran Mereka       
   Menggunakan Proses Pembelajaran yang Menjadikan Pengembangan Karakter Sebagai Bagian dari Setiap Pembelajaran         
   Mengelola Ruang Kelas Supaya Karakter Menjadi Penting         
   Ajarkan Muatan Kurikulum Seperti Persoalan Karakter   
   Gunakan Kurikulum Sekolah yang Was untuk Mengajar Kebajikan Moral dan Intelektual        
   Menyusun Diskusi Seperti Masalah Karakter       
   Mengajarkan Persoalan Kebenaran           
   Mengajar dengan Keseimbangan Komitmen        
   Model Keseimbangan dan Keadilan dalam Berurusan dengan Isu-Isu Kontroversial     
   Ajarkan Persoalan Keadilan          

Bab 7. Mempraktikkan Disiplin Berbasis Karakter          
   Berbagi Agenda    
   Pertahankan Sikap Bertanggung Jawab Siswa     
   Mengajarkan Prinsip-Prinsip Tanggung Jawab     
   Melibatkan Siswa di Dalam Menentukan Aturan 
   Mengajarkan Aturan Emas
   Berbagi Rencana dengan Orang Tua        
   Mempraktikkan Prosedur  
   Gunakan Bahasa yang Baik          
   Membantu para Siswa Belajar dari Kesalahan      
   Membantu para Siswa Membuat Rencana Perubahan Perilaku
   Bahaslah Mengapa Suatu Perilaku Itu Salah        
   Gunakan Waktu Jeda dengan Efektif       
   Rancanglah Detensi yang Membentuk Karakter  
   Ajarkanlah Ganti Rugi      
   Membuat Anak-Anak Saling Membantu Satu Sama Lain
   Bersiaplah untuk Menerima Seorang "Guru Tamu"          
   Berikanlah Tanggung Jawab kepada Anak yang Sulit Diatur
   Merancang Program "Kasih yang Tegas" bagi para Siswa yang Sulit Diatur       

Bab 8. Mengajarkan Tata Cara yang Baik
   Buatlah Anak-Anak Berpikir Mengapa Tata Cara yang Baik Itu Penting
   Mengajarkan Aturan Halo—Sampai Jumpa          
   Mengajarkan Tata Cara yang Baik dengan Menggunakan Alfabet
   Implementasikan Kurikulum Tata Cara    

Bab 9. Mencegah Kenakalan Teman Sebaya dan Mengedepankan Kebaikan
   Awali dengan Disiplin Berbasis Karakter  ..
   Ciptakan Komunitas Sekolah yang Peduli
   Implementasikan suatu Program Anti-Intimidasi yang Efektif
   Mintalah para Siswa untuk Bertanggung Jawab Menghentikan Kenakalan di Antara Teman Sebaya    
   Membangun Komunitas Kelas      
   Mengedepankan Pertemanan        
   Lakukan "Pujian Tanpa Nama"     
   Implementasikan Pembelajaran Kooperatif Berkualitas   
   Mengajarkan Empati Melalui Literatur Anak-Anak         
   Buatlah Anak-Anak dengan Kekurangan Mengajari TemanTeman Sebaya Mereka        
   Gunakan Tujuh E untuk Mengajarkan Kepedulian           
   Gunakan Kekuatan Ikrar   
   Buatlah Anak-Anak Membuat Catatan Perbuatan Baik   
   Merayakan Kebaikan
   Mintalah para Teman Sebaya Mengenali Teman-Teman Mereka
   Gunakan Pertemanan Kelas untuk Membahas Intimidasi
   Membangun Ikatan Melalui Sahabat Kelas          
   Menciptakan "Keluarga Sekolah" 
   Implementasikan Kelompok Penasihat     
   Menciptakan Bus Sekolah yang Aman dan Menghormati            

Bab 10. Membantu Anak-Anak (dan Orang Dewasa) Bertanggung Jawab untuk Membangun Karakter Mereka Sendiri    
   Ajarkanlah Mengapa Karakter Itu Penting           
   Ajarkanlah "Tidak Ada Seorang Pun yang Dapat Membangun Karakter Anda" 
   Ajarkanlah "Kita Menciptakan Karakter Kita Melalui Pilihan yang Kita Tentukan"       
   Pelajari Pribadi Berkarakter          
   Buatlah para Siswa Melakukan Wawancara Karakter      
   Mintalah para Siswa Menilai Karakter Mereka Sendiri    
   Ajarkanlah Susunan Sasaran Harian         
   Ajarkanlah Anak-Anak untuk Membuat "Strip Sasaran"  
   Bantulah Anak-Anak Menghubungkan Kebajikan dengan Kehidupan   
   Nilailah "Tingkat Tanggung Jawab"          
   Gunakan Kutipan Kepribadian untuk Membantu Anak-Anak Meraih Cita-Cita 
   Membuat Papan Buletin Penentuan Cita-Cita      
   Meminta para Siswa untuk Menuliskan 100 Impian         
   Mintalah para Siswa Mengembangkan Portofolio
   Mintalah para Siswa Menuliskan Suatu Pernyataan Misi
   Mampukan para Siswa untuk Merefleksikan Pertanyaan Terbesar dalarn Hidupnya

BAGIAN EMPAT

MENCIPTAKAN SEKOLAH BERKARAKTER 

Bab 11. Buatlah Sekolah Anda Menjadi Sekolah Berkarakter    
   Menciptakan Tonggak       
   Memiliki Motto Berbasis Karakter
   Mencari Dukungan Kepala Sekolah untuk Membuat Karakter Menjadi Prioritas
   Membentuk Kelompok Kepemimpinan    
   Mengembangkan Basis Pengetahuan        
   Memperkenalkan Konsep Pendidikan Karakter kepada Seluruh Staf      
   Mempertimbangkan "Tipe Kepribadian Macam Apakah yang Kita Inginkan dari para Siswa?" 
   Mempertimbangkan "Apakah Arti Pendidikan Karakter untuk Saya?"   
   Mempertimbangkan "Apakah Pendidikan Karakter Tersebut Akan Dapat Dilaksanakan di Seluruh Sekolah?" 
   Menganalisis Kebudayaan Moral dan Intelektual Sekolah           
   Memilih Dua Prioritas untuk Meningkatkan Kebudayaan Sekolah
   Bertanyalah, "Haruskah Kita Berkomitmen untuk Menjadi Sekolah Berkarakter?"        
   Merencanakan Program Pendidikan Karakter Berkualitas           
   Memilih Strategi Organisasi untuk Mendorong Kebaikan
   Membuat Penilaian sebagai Bagian dari Perencanaan      
   Membangun Komunitas Orang Dewasa yang Kuat         
   Meluangkan Waktu bagi Karakter

Bab 12. Melibatkan para Siswa dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter       
   Melibatkan para Siswa dalam Merencanakan dan Melaksanakan Program Pendidikan Karakter
   Menggunakan Pertemuan Kelas untuk Memberikan AnakAnak Suara dan Tanggung Jawab     
   Melibatkan para Siswa dalam Pemerintahan Siswa Partisipatoris di Tingkat Sekolah     
   Memberikan Kesempatan Informal bagi Masukan Siswa
   Menantang para Siswa untuk Memimpin Kampanye di Sekolah
   Membentuk Sistem Mentoring      
   Membentuk Klub atau Komite Karakter  
   Menghargai Kepemimpinan Siswa

BAGIAN LIMA

MENCIPTAKAN KOMUNITAS YANG BERKARAKTER

Bab 13. Melibatkan Seluruh Komunitas dalam Membangun Karakter yang Baik       
   Memperkuat Kemitraan Sekolah-Komunitas        
   Memperkuat Keluarga       
   Berkomitmen untuk Menjadi Komunitas Berkarakter      
   Menciptakan Kelompok Kepemimpinan   
   Berikan Setiap Orang Kesempatan untuk Bergabung      
   Mengidentifikasi Ciri-Ciri Sasaran
   Memberikan Pelatihan Kepemimpinan     
   Buatlah Pebisnis Terlibat   
   Mendorong Kesadaran Kornunitas Akan Karakter          
   Mengintegrasikan Karakter ke Dalam Seluruh Program Komunitas
   Menciptakan Peranan Khusus Bagi Polisi 
   Memberikan Anak-Anak Peran Kepemimpinan   
   Menghargai Karakter yang Baik   
   Meminta para Relawan Komunitas untuk Mengajarkan Karakter di Sekolah      
   Menilai Dampak Inisiatif Karakter Kornunitas



KEMBALI KE HALAMAN AWAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar